Alasan Mengapa Smartphone China Punya Harga Murah

Berbagai ponsel pintar murah dari Cina telah membanjiri pasar gadget di berbagai penjuru dunia, dengan desain yg tak kalah keren serta spesifikasi yang tinggi tapi dibanderol dengan harga murah tentu saja bisa memikat banyak konsumen didunia. Tentu saja harga yg murah serta spesifikasi yg tinggi belum menjamin suatu vendor smartphone utk bisa menguasai pasar ponsel pintar, ehhmm sebenarnya apa sih alasan vendor-vendor smartphone dari Cina bisa mengeluarkan smartphone spesifikasi tinggi dengan banderol yang murah ? Let's Check It Out....

Alasan smartphone Cina punya harga murah itu antara lain:

Upah buruh yang murah
Yup... Cina dikenal dengan upah pekerja yang murah, jadi ini salah satu faktor mengapa Cina bisa memproduksi smartphone dengan harga murah. Karena murahnya banyak produsen-produsen Smartphone seperti Apple tertarik membangun pabrik perakitannya di Cina sehingga bisa memangkas ongkos produksi. Ehhh.. tunggu, Apple dirakit di Cina ? yup...!! Tapi kenapa harganya masih selangit ? he he ada lanjutannya...

Bukan Hardware yg mutakhir
Faktor lain yang menyebabkan ponsel dari Cina memiliki harga yang murah adalah kebanyakan produsen smartphone murah Cina ini tdk menyertakan hardware yg mutakhir, mereka masih mempertimbangkan antara harga serta performa smartphone yg mereka produksi. Coba browsing di berbagai situs yang menjual ponsel pintar dari Cina, kita bakalan menemukan beberapa smartphone Cina yang memiliki spesifikasi tinggi namun harganya bisa lebih murah dari merek Samsung, Sony atau Apple kenapa ? karena mereka memakai komponen serta bahan yg kualitasnya dibawahnya Samsung dll.

Kebanyakan produk smartphone murah dari Cina menggunakan prosesor Mediatek yg notabene berasal dari negeri tirai bambu juga dan memiliki harga lebih murah, juga bisa mengurangi ongkos distribusi. Sedang utk bagian RAM, kebanyakan produsen Cina tidak bakal memakai DDR4 yg banyak dipakai oleh smartphone "Branded" , mereka lebih memilih menggunakan DDR3 high-end lokal. Untuk sensor kamera banyak yg menggunakan dari SONY dengan harga yg tdk terlalu tinggi namun memberikan nilai lebih. Bagian display banyak yg memakai layar buatan lokal juga yg pastinya punya kualitas dibawah IPS atau AMOLED, atau menggunakan layar produksi Jepang serta Korea meski harganya sedikit lebih tinggi namun masih bisa menyeimbangkan antara harga dan kualitas.

Ini video salah satu pabrik ponsel murah di Cina




Biaya iklan yang murah
Jarang ditemui atau bahkan mungkin tidak ada sama sekali budget iklan yg besar untuk smartphone murah dari Cina. Coba tengok saja Samsung dengan iklan yang "wah" atau Sony Experia yg muncul di film James Bond semuanya tentu butuh biaya iklan yg besar, dan kemana biaya iklan tsb dibebankan ? tentu saja kepada konsumen meraka. Berbeda dengan produsen ponsel Cina, mereka cenderung beriklan lewat social network yg lebih murah namun efektiv.

Selain itu, produsen ponsel pintar dari Cina lebih penjualan lewat E-commerce. Mereka tidak memiliki jaringan toko fisik yg besar, jd tidak perlu membangun jaringan toko diberbagai tempat seperti Apple Store atau Samsung, sehingga tidak banyak mengeluarkan pengeluaran utk staff dan karyawan toko, namun menjual secara langsung kepada konsumen melalui toko online.

Q & A

Apakah semua ponsel pintar dari Cina punya harga yg murah ?
Tidak, saat ini persepsi tersebut makin terhapus, ada beberapa produsen ponsel Cina yg membandrol ponsel mereka dengan harga yg hampir sama dengan smartphone Branded.

Apakah ponsel Cina punya kualitas yg jelek ?
Tidak... sekarang dah banyak kok ponsel pintar dari Cina punya kualitas yg bagus baik dari spesifikasi, material serta komponen yg digunakan, namun tentunya dengan harga yg wajar "ada harga ada rupa" tapi masih sedikit lebih murah daripada produknya Samsung, Apple, SONY dll.

Brand smartphone apa saja sih yg terkenal dari Cina ?
Banyak sih... Lenovo, Oppo, Huawei, Meizu, Xiaomi, ZTE

Apasih kekurangan ponsel murah dari Cina
Kembali lagi "ada harga ada rupa" beberapa kekurangan dari ponsel murah Cina adalah kadang build in quality yg mengecewakan, selain itu juga harga jual kembali jatuh kecuali merek tertentu. Kalo ada yg rusak & hrs ganti part, selain susah cari service center-nya juga sulit cari spare part nya.


3 Responses to "Alasan Mengapa Smartphone China Punya Harga Murah"

  1. tidak setuju dengan pernyataan "ada harga ada rupa" sebab merek Cina yaitu Xiaomi punya harga murah tetapi kalo soal Build Quality sangat bagus, gak percaya silahkan beli :D

    ReplyDelete
  2. Ayo Dapatkan Uang Puluhan Juta Rupiah... Gabung disini Bandar Sabung Ayam Online Terbesar dan Terpercaya di indonesia, Kunjungi Website Kami Di Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda.

    ReplyDelete