Antivirus Pada Android Apakah Perlu ?

Ok kali ini Ngintip HP (lagi-lagi) gak bakalan mereview spesifikasi HP, tapi apa yg kita bahas kali ini masih ada hubungannya dengan ponsel pintar, khususnya Smartphone dengan OS Android soub... sejauh yg saya tahu OS Android ini pada kuartal ke 2 menguasai pangsa pasar Smartphone di dunia sebesar kurang lebih 82.8% berdasar IDC.com,nah yg jadi pertanyaan saya adalah Apakah perlu menginstall Antivirus pada ponsel Android ? karena logikanya pastinya bakal jd sasaran potensial oleh bagi penjahat IT ya to ? meskipun OS Android ini mendapat dukungan keamanan oleh perusahaan raksasa Google tapi didunia teknologi informasi tak ada jaminan 100% aman. Ok biarkan para ahli menjawabnya :-D

Adrian Ludwig [Android Security Lead Engineer di Perusahaan Google]

"Layanan keamanan Google untuk Android dirancang untuk memberikan keamanan terbaik untuk perangkat mobile. Semua pengguna Android mendapatkanya Secara default dan gratis. Hasilnya, data tentang ekosistem Android telah menunjukkan bahwa para pengguna Android menghadapi risiko yang sangat rendah dari aplikasi yang berpotensi berbahaya maupun dari ancaman lainnya. Tentu saja pengguna dapat juga menggunakan solusi yang mereka inginkan, baik sebagai solusi tambahan atau sebagai pengganti solusi keamanan dari Google, tapi tujuan kami adalah untuk membuat murni masalah pilihan, bukan soal perlindungan. "

Andreas Marx [CEO AV-Test]

"Antivirus biasanya hanya salah satu komponen dari paket perlindungan Android yang ditawarkan, Jadi Antivirus yang berdiri sendiri belum diperlukan untuk setiap saat, Tapi dengan memiliki dari berbagai fitur sebagai bagian dari paket keamanan yang lebih besar tentunya lebih bagus. Biasanya paket keamanan tersebut termasuk fitur backup data yg lebih mudah digunakan, remote wipe dalam kasus ketika telepon hilang, beserta fitur keamanan lainnya "

Kevin Haley [Symantec]

"Symantec melihat peranan penting untuk ikut membantu dalam melindungi data dan perangkat mobile dari terkena risiko, Sementara Symantec melihat tujuannya dalam lanskap ponsel menyediakan keamanan terhadap malware dan penipuan;. Kami juga melindungi perangkat mobile terhadap pencurian dan disaat kehilangan - dalam arti mencegah atau mengurangi resiko hilangnya perangkat mobile itu sendiri, serta melindungi informasi yg terdapat didalam perangkat tersebut, Symantec membantu bisnis dengan melindungi dan mengelola data yang mereka simpan atau kirimkan melalui perangkat mobile karyawan mereka."


Jude McColgan [Avast]


"Di Avast, kami terus mengawasi ancaman perangkat mobile terbaru dan menyediakan jaring pengaman melalui aplikasi pada iOS dan aplikasi Android, melindungi lebih dari 55 juta orang di seluruh dunia dari pencurian data informasi pribadi, hacker, program jahat, pencurian perangkat mobile dan kehilangan data. kekhawatiran terbesar para pengguna perangkat mobile adalah keamanan privasi dan kehilangan data identitas, tetapi, mayoritas pengguna di Amerika sering menempatkan diri pada risiko, misalnya dengan menggunakan jaringan wi-fi umum tanpa perlindungan. Avast mengatasi masalah ini dengan aplikasi mobile Avast SecureLine VPN untuk iOS dan Android menyediakan mengamankan koneksi saat browsing Internet melalui Wifi publik. Selain itu, Avast mobile Security memberikan pencegahan terhadap serangan hacker, pencurian perangkat mobile dan kehilangan data. Akhirnya, keamanan mobile layaknya asuransi. Anda hanya perlu untuk dilindungi dari resiko dalam penggunaan perangkat mobile serta untuk mengelola resiko Anda. Dengan Avast mobile Security, setiap orang dapat melakukannya secara gratis."


Jadi kesimpulannya adalah tidaklah masalah untuk menginstall applikasi antivirus pada perangkat Android kita, meskipun kata Adrian Ludwig "99% pengguna perangkat Android tdk mendapatkan manfaat dari program antivirus di perangkat mobile mereka, serta resiko Android dari program Jahat terlalu dilebih-lebihkan" , bahkan perusahaan keamanan tahu bahwa resiko terhadap serangan virus & malware pada perangkat Android cukup rendah, hingga akhirnya aplikasi Antivirus pada Android dikemas dengan berbagai fitur lainnya yg memberikan jaminan keamanan serta kemudahan pada perangkat Android. Berbagai fitur yg diberikan oleh program Antivirus bukan hanya untuk melindungi smartphone Android kita dari ancaman Virus atau Malware namun lebih dari itu, melindungi kita dari ancaman pencurian data saat Mobile-Banking misalnya, atau melindungi data penting saat ponsel kita dicuri atau hilang.

Dan selama saya menggunakan ponsel Android belum pernah (semoga tdk pernah deh he he) mengalami gangguan dari Virus atau Malware di handphone saya, transaksi lewat M-Banking atau sejenisnya juga tdk mengalami masalah.

0 Response to "Antivirus Pada Android Apakah Perlu ?"

Post a Comment