HummingBad alias Shedun Ancaman Baru Perangkat Android

Beberapa waktu belakangan ini Android menjadi bulan-bulanan dari ancaman berbagai virus dan malware, wajar sih karena Android jadi salah satu platform OS yg paling banyak digunakan, nah ini ada satu ancaman keamanan lagi buat Android yaitu munculnya malware "HumiingBad" atau dikenal dengan "Shedun", kalo dibilang baru sih nggak juga ya soalnya sudah beberapa bulan yg lalu ancaman ini terdeteksi dan sudah menginfeksi lebih dari 10 juta ponsel android di seluruh dunia soub...

Apa itu HummingBad?
HummingBad adalah virus yang dapat didownload secara otomatis ke perangkat ponsel pintar ketika penggunanya mengunjungi website tertentu; atau yang lebih dikenal sebagai "drive-by-Download attack", makanya soub kita mesti lebih hati-hati kalo lagi browsing ye....

Sekali virus ini aktif di dalam ponsel pintar kita, malware ini mampu mendapatkan akses root untuk ponsel Android, beuh ngeri nggak tuh ?? Kemudian dapat menginstal aplikasi tambahan, memunculkan iklan dan mengarahkan seseorang menuju Play Store palsu, semua itu bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari malicious ads.

Berapa sih keuntungan yg diperoleh para penyebar malware "HummingBad" ini ? menurut laporan sih keuntungan Yingmob bernilai $ 300,000 per bulan, nahh Yingmob ini salah satu biro iklan asal Beijing yg diduga bertanggung jawab atas menyebarnya virus ini.....

penyebaran infeksi virus HummingBad di berbagai negara
Indonesia berada di nomer 4 soub... namyak juga nih


Seberapa besar ancaman HummingBad?
Beberapa perusahaan keamanan IT memiliki pendapatnya masing-masing. Check Point, sebuah perusahaan keamanan IT dan software developer, menunjukkan data bahwa sekitar sepuluh juta ponsel Android telah terinfeksi dan bahwa mereka yang menciptakan virus tersebut mampu mengontrol lebih dari 85 juta perangkat ponsel android di seluruh dunia.

Lookout, sebuah perusahaan keamanan yang berfokus pada Android dan iOS, mengklaim bahwa "Penyebaran Shedun melonjak lebih dari 300 persen pada Maret, dan selanjutnya melonjak lebih dari 600 persen dalam satu bulan terakhir [antara Juni dan Juli]."

Dari mereka yang terkena dampak, laporan Checkpoint [PDF, 1 MB] mengklaim bahwa 90 persen dari perangkat yang menjalankan Android 4.4 KitKat atau versi yang lebih lama, sementara hanya satu persen dari perangkat yang terinfeksi menjalankan Android Marshmallow.



Apa yang para ahli katakan?
Kami meminta perusahaan keamanan seberapa besar ancaman sebenarnya. Dalam sebuah pernyataan diterjemahkan dari bahasa Jerman, Thomas Uhlemann, Spesialis Keamanan di ESET, mengatakan:

"Meskipun HummingBad merupakan ancaman bagi perangkat Android, kita tidak bisa benar-benar melihat peningkatan yang signifikan [di tingkat infeksi]." dari www.virusradar.com (screenshot yang terlampir di bawah) menyarankan hal yang sama.

Mr Uhlemann menambahkan: "Sebuah puncak global dua hingga tiga persen di Yaman atau dua persen atau kurang di Tajikistan, Afghanistan dan Nepal tidak begitu penting bagi pengguna di Eropa Tengah."

Sementara perangkat Android di AS lebih ditargetkan oleh virus ini, Mr Uhlemann juga mengatakan, "Mereka dengan perangkat lunak keamanan saat ini, seperti aplikasi ESET Mobile Security Android, lebih terlindungi dari infeksi sejak September lalu."

Bagaimana cara menghindari HummingBad?
Untuk menghindari HummingBad, Kita sebagai pengguna Android kalo mau menginstall applikasi harus mengunduh aplikasi dari Google Play, atau menginstal dari website vendor terkemuka ini (seperti aplikasi Amazon dari situs Amazon) jangan dari pihak lain atau dari source file .apk. Demikian pula, jika kita melihat ada aplikasi berbayar di Google Play namun kok dibagikan secara gratis di suatu situs atau forum sebisa mungkin dihindari bisa jadi aplikasi tersebut telah ditanamkan malware oleh pihak lain.

Tip lain adalah untuk menghindari mengunjungi situs porno. Bukan rahasia lagio soub... situs lendir begini paling sering ditargetkan oleh scammers dan penipu. Terus jangan suka mengunjungi (klik) berbagai link yg mungkin disebar lewat WA, BBM atau social media perlu pertimbangan dan hati-hati ya soub...

Bagaimana kita tahu apakah ponsel kita telah terinfeksi oleh HummingBad?
Ciri utama kalo ponsel kita telah terinfeksi malware HummingBad adalah biasanya ponsel Android kita menunjukkan perilaku tidak menentu. Misalnya, sering menampilkan iklan yg menganggu atau ponsel bergetar tiba-tiba, atau bisa juga mengkonsumsi jumlah paket data yang sangat tinggi (baru beli kuota tiba-tiba cepat habis) atau daya baterai cepat habis...

HummingBad dapat menginstal aplikasi tambahan ke perangkat ponsel android  tanpa sepengetahuan kita soub, secara tiba-tiba menampilkan iklan, atau menipu kita supaya mengunduh dan menginstal aplikasi misterius di Play Store.

Selain itu, jika HummingBad gagal untuk mencapai akses root, malware ini bakalan membuat pemberitahuan palsu di ponsel android kita untuk menipu kita supaya memperoleh akses ke admin previleges.

Bagaimana cara menghapus HummingBad jika perangkat saya terinfeksi?
Jika ponsel Android telah terinfeksi oleh HummingBad, sudah terlambat untuk menyelamatkan ponsel tersebut. Malware ini menginfeksi perangkat ponsel dengan cara memperoleh akses root, maka satu-satunya cara untuk mengatasi malware hummingbad ini adalah dengan melakukan flash firmware baru atau menginstal custom ROM. Namun, ini bukan solusi yang sangat mudah, karena Malware ini bisa saja menyalin sendiri ke partisi yang lain.

Selama kita memiliki ponsel Android dengan OS update terbaru dan menggunakan ponsel secara hati-hati alias nggak sembarangan download dan install aplikasi atau browsing ke situs nggak jelas, kita nggak perlu khawatir dengan ancaman HummingBad ini soub....

0 Response to "HummingBad alias Shedun Ancaman Baru Perangkat Android"

Post a Comment