Tips Mempercepat HP Android Yang Lambat


Smartphone Android Kamu Menjadi Lambat ? Gimana Cara Bikin HP Android Jadi Lebih Cepat ? 

He he he mungkin sebagian besar dari kita pernah mengalaminya, dimana kinerja ponsel android jadi makin lambat alias lelet, nggak seperti waktu habis beli dulu :-D Ya iyalaahh soub... perkembangan smartphone android sekarang udah cepet banget, prosesor, RAM, Internal Memory pokoknya segala hardware jdi makin makin manteb, naahh begitu juga aplikasi, game yang ada di Google playstore juga memiliki fitur dan kinerja yg tinggi hingga menuntut kinerja hardware yg tinggi pula. Jadi salah satu kunci supaya HP android saudara-saudara nggak lelet alias lemot adalah "Sadar Spesifikasi & Performa Ponsel Sendiri". Ada cerita menarik dulu waktu saya masih pake HP Samsung Galaxy Young keluaran pertama buat install BBM & WA udah cukup menyiksa, muter video kualitas HD juga lagging jadinya sadar diri cukup install WA tanpa BBM, browsing buka pk Opera, HP jdi lebih cepet walau akhirnya hrs ganti juga ha ha ha....

Tips Mempercepat HP Android yg Lemot.

1. Delete atau Uninstall Semua Aplikasi Yg Tidak Dibutuhkan

Coba cek dibagian application drawer HP android kamu, ada berapa banyak aplikasi atau game yg sebenarnya tidak dibutuhkan atau sudah tak pernah dijalankan. Sekarang adalah waktunya menghapusnya. Kenapa harus dihapus ? Yaa... krn sama spt PC aplikasi-aplikasi atau game-game tak terpakai yg terinstall di HP butuh resource CPU juga memory jadi ngapain ngasih jatah resource CPU dan Memory kepada aplikasi-aplikasi yg tidak terpakai. Bloatware atau aplikasi maupun game bawaan dari vendor ponsel yg tak digunakan juga dihapus aja deh...

Nahh... setelah menghapus atau uninstall berbagai aplikasi dan game yg takdigunakan di HP kita, resource CPU, RAM dan space Memory jadi lebih lega, samapi disini ponsel android kita jadi lebih cepet daripada sebelumnya.

2. Bersihkan Media Penyimpanan dari Berbagai File Sampah

Seiring berjalannya waktu pemakaian ponsel android maka akan bertambah file-file sampah yg akan menumpuk dan tersimpan di media penyimpana HP entah itu di Internal Memory maupun di external Memory (microSD Card)

Cari di Gallery file-file yg udah tak diperlukan lagi, entah itu Foto atau video kemudian delete... cari di folder Download biasanya banyak file-file yg udah tak dibutuhkan banyak ditemukan disini, juga file-file yg tak jelas jenisnya sekarang waktunya di delete. Sekarang sih udah banyak aplikasi yg bisa membantu bersih-bersih di HP android, tinggal cari aja di Google Playstore.

3. Bersihkan Data Cache

Apasih data cache itu ? hmm sebenernya ini adalah log data dari aktifitas setiap aplikasi di local storage, contohnya gini ketika kita mengunjungi "situs A" maka browser akan menyimpan data atau file di HP kita spt thumbnail, foto, cookie dll sehingga ketika kita berkunjung lagi ke "situs A" tsb akan lebih cepat terbuka krn beberapa data file sudah berada di HP kita Sebenernya sih ini bagus karena bikin browsing jd lebih cepet. Tapi makin banyak data cache yg tersimpan makin banyak data cache yg jd sampah akhirnya jd gede jumlahnya makin banyak space memory yg digunakan.

Kadang data cache bisa rusak hingga membuat aplikasi berjalan nggak normal entah itu lamaaa buat loading, crash atau lainnya. OK waktunya bersih-bersih.

4. Check microSD Card

Nggak semua HP android ada slot microSD Card sih, SD Card yg rusak atau udah ketinggalan jaman pastinya juga memperlambat kinerja HP Android. Apa yg perlu dilakukan ? cukup backup microSD Card dan format kemudian kembalikan file ke microSD Card, bisa juga ganti microSD Card dengan yg lebih baru, cara paling mudah melakukan backup dan format adalah melalui komputer.

"Awas, pada beberapa kasus bisa merusak game yg kita mainkan, progress game, level atau coin yg digunakan di game bisa ilang jd hati-hati sebelum melakukan format microSD Card"

5. Factory Reset

Mungkin banyak yg tidak suka kalo harus melakukan reset HP kita he he saya juga gitu :-D namun dalam kondisi tertentu memang cukup diperlukan ha ha ha

Melakukan Factory Reset berarti mengembalikan HP android kita seperti sedia kala ketika keluar dari kardusnya :-D dalam artian aplikasi dan game yg kita install bakalan ilang begitu juga SMS, BBM, WA atau foto/video yg kita ambil. Tapi beneran dalam kondisi ini HP bakal ngacir jalannya he he he :-D

1 Response to "Tips Mempercepat HP Android Yang Lambat"